Kumpulan Kata Mutiara Ramadhan 2015 M 1436 H

Kata mutiara ramadhan 2015 – Assalamualaikum seluruh umat muslim di seluruh dunia, sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci bulan Ramadhan di mana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Sudahkah Anda menebus hutang puasa di tahun kemarin? Bagi yang terkena sakit, atau bagi wanita yang setiap bulannya ada masa libur puasa, atau halangan lainnya yang menyebabkan Anda tidak dapat menunaikan ibadah puasa tahun lalu secara penuh sebaiknya segera ditutup hutangnya sebelum mulai menjalankan ibadah puasa tahun ini.

Kumpulan Kata Mutiara Ramadhan 2015 M 1436 H, selamat berpuasa 2015

Bulan Ramadhan bulan penuh berkah di mana mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim sehingga suasana religi sangat terasa di negara ini. Selama satu bulan penuh menjelang jam buka puasa akan semakin banyak pedagang pinggiran yang menjajakan menu buka puasa, akan semakin banyak institusi atau lembaga yang mengadakan pengajian siraman rohani agar bisa memaknai bulan puasa dengan lebih dalam, hingga acara televisi yang berlomba menayangkan program puasa dari sahur hingga maghrib.

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan di mana amal ibadah baik seseorang akan dilipatgandakan pahalanya dibandingkan dengan waktu-waktu biasa. Hal ini tentu harus Anda manfaatkan untuk memanen pahala sebanyak mungkin dengan cara-cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara sederhana untuk mendapatkan pahala adalah berbagi kebaikan dengan orang lain. Kebaikan bisa dilakukan dengan banyak cara bisa dengan bersedekah, membantu yang sedang kesusahan, atau hanya sekedar kalimat-kalimat inspiratif yang bisa menjadi renungan bagi orang lain. Agar Anda bisa berbagi kebaikan dengan orang lain di bulan Ramadhan, berikut adalah kata mutiara ramadhan 2015.

Kata-kata mutiara Ramadhan inspiratif
Membuat kata-kata mutiara yang inspiratif mungkin agak sulit jika harus mengarangnya sendiri. Kebanyakan orang biasanya mengirimkan kata-kata mutiara dengan cara men-forward pesan dari orang lain yang sekiranya bagus dan menarik, namun entah darimana kata-kata tersebut berasal. Kata-kata mutiara bisa didapat dari mana saja, dari koran, dari buku, dari ceramah pengajian yang Anda hadiri, atau bahkan bisa berasal dari diri Anda sendiri ketika sedang merenung dan memaknai hidup.
Sama halnya dengan bulan Ramadhan yang sebenarnya adalah bulan penuh inspirasi karena ada banyak sekali kebaikan yang bisa Anda dapatkan di bulan suci ini. Berbagi kebaikan melalui kata-kata inspiratif yang cocok dikatakan di bulan Ramadhan misalnya sebagai berikut:

  1. Permintaan maaf
Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mensucikan diri dan menebus segala dosa selama sebelas bulan dengan cara berpuasa dan menjalankan ibadah lainnya baik wajib maupun sunnah. Untuk mensucikan diri berarti juga bersih dari kesalahan kita terhadap orang lain. Sadar atau tidak, manusia adalah makhluk yang bisa saling menyakiti satu sama lain, oleh karena itu minta maaflah sebelum orang lain yang melakukannya duluan. Berikut adalah contoh ucapan maaf yang bisa Anda kirimkan ke kerabat Anda:

“Terkadang ada langkah membekas lara
Terkadang ada kata yang dusta terlontak tak sengaja
Terkadang ada tingkahku menorah lukamu
Di hari yang indah ini saya mohon maaf lahir dan batin
Selamat menunaikan ibadah puasa 1436 H”

“Ijinkan saya bersajak
Untuk lisan yang tak terjaga
Untuk janji yang terabaikan
Untuk hati yang berprasangka
Untuk sikap yang menyakitkan
Di bulan yang suci ini dengan setulus hati
Saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin
Semoga Allah selalu membimbing kita bersama di jalan-Nya”

“Mata kadang salah melihat
Mulut kadang salah mengucap
Hati kadang salah menduga
Dengan niat tulus suci dengan ikhlas
Mohon maaf lahir dan batin”

“Negeri Melayu adat terpandang
Syariat Islam jadi pegangan
Kini Ramadhan mulai menjelang
Salah dan khilaf mohon dimaafkan”

  1. Mendoakan orang lain
Doa manusia yang paling mujarab dan pasti dikabulkan oleh Allah SWT hanyalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Selain Rasulullah tidak ada yang tahu doa siapa yang akan dikabulkan oleh-Nya maka dari itu banyak-banyaklah mendoakan orang lain agar orang lain juga mendoakan kita. Allah tidak memandang status atau jenis kelamin untuk menentukan doa siapa yang didengar-Nya. Mendoakan orang lain juga termasuk dalam ibadah yang bisa menambah pahala Anda, selain itu Anda juga akan membuat orang yang didoakan merasa senang dan mendapatkan motivasi. Contoh ucapan yang mendoakan orang lain adalah:

“Ya Allah…
Perkayalah saudaraku ini dengan Ilmu
Hiasi hatinya dengan sabar
Muliakan wajahnya dengan taqwa
Perindahlah fisiknya dengan sehat
Serta terimalah amal ibadahnya dengan lipat ganda
Karena hanya Engkau yang berkuasa di alam semesta ini
Marhaban Ya Ramadhan…
Mohon maaf lahir dan batin”

“Tidak akan berputus asa atas rahmat yang Allah yang Mahakuasa
Kecuali orang-orang yang imannya sirna
Teguh berharap rahmat Allah yang esa
Bagi orang yang imannya kuat tertancap di dada
Selamat menunaikan ibadah puasa”

  1. Membuat orang lain tertawa
Tertawa adalah ibadah juga karena dengan tertawa kita bisa ikut menyenangkan orang lain. Tawa adalah bentuk rasa senang dan tanda keramahan. Tertawa saja sudah merupakan ibadah, apalagi membuat orang lain tertawa dan dilakukan di bulan puasa. Sepanjang hari menjalankan ibadah puasa bagi sebagian orang mungkin ada saatnya merasa jenuh dan sulit untuk berkonsentrasi, akibatnya bisa berujung stress. Oleh karena itu membaca pesan-pesan yang menggelitik ketika sedang tertekan bisa menghilangkan rasa stress meskipun sedikit dan menyegarkan otak sehingga bisa bekerja kembali dengan penuh semangat. Beberapa contoh pesan lucu Ramadhan yang bisa Anda kirimkan ke orang terdekat adalah:

“Masuk universitas harus berkorban
Rela belajar tinggalkan dolan
Ingin surga juga harus berkorban
Lapar dahaga di siang Ramadhan”

“Let’s join us for RAMADHAN SALE
Diskon penghapus dosa besar2an s/d 100% utk semua jns dosa
Tin9ktkn ibadah wajib, sunnah, perbnyk istigfar%shdaqah
Lebih heboh lg, ikuti DOOR PRIZE lailatul qadar
Slamat berpuasa maaf lahir batin”

Kata-kata mutiara ucapan selamat berpuasa ramadhan 1436 H di atas sangat cocok jika Anda kirimkan ke orang lain bisa melalui pesan singkat, atau melalu sosial media dan aplikasi chatting yang Anda gunakan di smartphone Anda. Anda juga bisa menuliskannya di kartu ucapan Ramadhan lalu dikirimkan ke rekan-rekan kerja dan sanak keluarga untuk menjaga tali silaturahmi. Di jaman yang modern dan serba gadget sekarang ini saling mengirim kartu ucapan mungkin dirasa sudah kuno. Tapi justru karena sudah tidak lazim, mendapatkan kartu ucapan justru terasa lebih special dan personal ketimbang hanya mengirimkan pesan singkat melalui ponsel Anda.

Keutamaan bulan Ramadhan tercantum dalam ayat-ayat suci Al-Quran di mana jelas disebutkan bahwa umat muslim yang menjalankan puasa dan ibadah di bulan suci tersebut akan mendapatkan berkah yang berlipat ganda dibandingkan dengan bulan biasanya. Janji pahala yang melimpah tersebut bukan berarti tanpa cobaan, umat muslim harus menahan lapar, haus, dan nafsu duniawi selama kurang lebih 14 jam. Oleh karena itu orang-orang yang tetap bertakwa dan beribadah dengan niat tulus dalam cobaan puasa tersebut layak untuk mendapatkan balasan atau reward yang setimpal. Ibadah bisa dilakukan dengan banyak cara selain menunaikan kewajiban beragama, ibadah juga bisa dilakukan dengan tersenyum kepada orang lain, berkata baik, termasuk membagi kata-kata mutiara Ramadhan.

Kumpulan kata mutiara inspiratif untuk Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan 1001 pahala yang siap diberikan kepada manusia oleh Allah SWT. Manusia yang pantas mendapatkan pahala dan ridho dari Allah tentu adalah manusia yang menaati segala aturan-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Salah satu perintah Allah yang tidak hanya wajib dikerjakan oleh manusia adalah shalat 5 waktu. Shalat 5 waktu adalah waktunya umat muslim untuk menghadap Allah dan mengucap ayat-ayat suci Al-Quran lalu memanjatkan doa. Perintah untuk shalat 5 waktu tidak hanya tertulis dalam Al-Quran namun juga di dalam hadist-hadist, berikut adalah beberapa hadist yang menunjukkan pentingnya memenuhi shalat wajib:

  1. “Apabila Rasullullah SAW menemui suatu kesulitan, maka beliau segera mengerjakan sholat” (HR Abu Dawud)
  2. “Paling dekat seorang hamba kepada Rabbnya adalah ketika ia sedang bersujud” (HR Muslim)
  3. “Ada dua kaki yang sangat disukai oleh Allah yakni kaki yang digunakan untuk menunaikan shalat fardhu dan untuk dilaturahmi” (Al-hadist)
  4. “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan, sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk” (QS Al-Baqarah 2:45)
  5. “Barang siapa yang menunaikan shalat fardhu pada bulan Ramadhan itu, dia sebagai seorang yang telah menunaikan 70 bulan fardhu pada bulan-bulan lainnya” (Nabi Muhammad SAW)

Selain menjalankan shalat fardhu atau shalat wajib 5 waktu, Anda juga bisa melengkapi ibadah dan memperbanyak pahala dengan menjalankan shalat sunnah. Ada banyak shalat sunnah dalam Islam yang masing-masing punya aturan dan kegunaannya sendiri seperti shalat gerhana dan shalat ketika bingung untuk menentukan pilihan. Agar ibadah bulan suci Anda lengkap, sempatkanlah untuk menjalankan shalat-shalat sunnah berikut ini:

  1. Shalat Tarawih
Shalat tarawih adalah shalat sunnah yang khusus dilaksanakan selama bulan puasa sejak hari pertama hingga hari terakhir atau malam takbiran. Waktu shalat tarawih dilaksanakan setelah shalat Isya’ dengan jumlah rakaat yang berbeda-beda di setiap masjidnya, yang penting berjumlah ganjil. Shalat tarawih bisa dilakukan di masjid bisa dilakukan di rumah dan boleh berjamaah atau sendirian saja. Namun tentu melaksanakan shalat tarawih di masjid secara berjamaah pahalanya jauh lebih besar di samping bisa menjalin silaturahmi dengan para tetangga.

  1. Shalat tahajud
Shalat ini adalah shalat yang dikerjakan 1/3 waktu malam dan setelah tidur. Artinya, di Indonesia shalat tahajud dikerjakan kira-kira mulai tengah malam, namun sebelum shalat Anda harus sudah tidur dulu. Menurut hadist, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa jika shalat tahajud tidak memberatkan umat maka beliau akan mewajibkan shalat ini. Mengapa memberatkan? Karena bangun tengah malam untuk menjalankan shalat malam barang 2 rakaat saja sudah banyak sekali godaan setan yang menyuruh manusia untuk tetap tidur. Namun karena beratnnya godaan tersebut konon doa yang dipanjatkan pada saat shalat malam lebih manjur karena aksesnya kosong ketika semua orang terlelap.

  1. Shalat dhuha
Shalat ini juga termasuk agak sulit untuk dikerjakan padahal manfaatnya cukup besar. Waktu mengerjakan shalat ini adalah kira-kira pukul 8 hingga 11 siang sebelum waktu dhuhur. Sementara pada waktu itu banyak umat manusia yang sedang bekeja atau sekolah yang sulit untuk ditinggalkan.

“Siapapun yang melaksanakan shalat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah sekalipun dosanya sebanyak buih di lautan” (HR Tirmidzi)
Kutipan hadist tersebut menunjukkan betapa besarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menunaikan shalat dhuha dengan rutin. Siapa yang tidak ingin dosanya dihapus meski dosa tersebut sebanyak buih di lautan yang kurang lebih berarti tidak terhingga? 
Share on Google Plus whatsapp
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment