Kumpulan Kata-Kata Bijak Yang Dapat Memotivasi Anda

Kata-kata bijak adalah kumpulan kata yang mempunyai makna yang indah secara implisit. Sebagian besar kata bijak juga mengandung motivasi di mana si pembaca akan merasa termotivasi untuk melakukan suatu tindakan atau berfikir seperti yang kata-kata bijak tuliskan. Anda yang gemar menonton salah satu program televisi yang menghadirkan seorang motivator ternama Indonesia, Mario Teguh, di salah satu TV swasta di Indonesia tentu sering mendengar kata-kata bijak yang disampaikan oleh sang motivator. Atau Anda penggemar sebuah acara talk show yang dibawakan oleh seorang mentalist terkenal Indonesia, Dedy Cobuzier, tentu Anda juga sering mendengar Dedy menyampaikan kata-kata bijak di akhir acara. Kata-kata bijak yang disampaikan oleh Mario Teguh dan Dedy Cobuzier benar-benar menginspirasi siapa saja yang menontonnya. Mungkin saja termasuk Anda.

kata kata bijak, kumpulan kata kata bijak, kata kata bijak terbaru

Kata-kata bijak memang cenderung memberikan pengaruh positif yang cukup besar bagi kehidupan seseorang. Eksistensi kata-kata bijak ini sangat erat kaitannya dengan kata-kata yang mengandung motivasi dan makna yang dalam. Kata-kata bijak tak hanya dapat dijumpai pada acara-acara televisi tertentu seperti yang telah disebutkan di atas, melainkan banyak ditemukan di mana saja yang ada di sekitar kita. Sebut saja di kartu ucapan hari raya, kartu ucapan ulang tahun, novel, kumpulan cerpen, buku-buku motivasi, dan masih banyak  lagi yang lainnya. Meski mengandung motivasi dan terkadang nasihat, kata-kata bijak berbeda dengan peribahasa.

Hanya sedikit orang saja yang dapat menciptakan kata-kata bijak dan mereka tak harus dari kalanga sastrawan, penulis, seniman, ataupun cendikiawan. Mereka yang berasal dari kalangan biasa pun bisa menghasilkan kata-kata bijak jika memang mereka pintar memilih diksi yang tepat dan merangkainya  menjadi kata-kata yang penuh dengan makna yang dalam. Jadi dapat dikatakan bahwa membuat kata-kata mutiara memang gampang-gampang susah. Banyaknya kata-kata bijak yang beredar baik di media cetak maupun media sosial memudahkan kita semua untuk mendapatkan kata-kata bijak yang sesuai dengan situasi yang sedang kita hadapi. Kita dapat menggunakan kata-kata bijak pilihan kita sebagai motivasi bagi diri kita untuk dapat menghadapi situasi yang tengah kita hadapi. Namun banyak juga yang hanya sekedar mengumpulkan kata-kata bijak sebagai koleksi di buku diari atau gadget-nya. Tak sedikit pula orang yang mengutip kata-kata bijak yang mereka jumpai di media sosial atau buku untuk disampaikan ke sahabat, keluarga, ataus teman yang membutuhkan motivasi.

Penggunaan kata-kata bijak sangat identik dengan mereka yang sedang dihinggapi suatu masalah. Kata-kata bijak ibarat sebuah suntikan semangat yang dapat mendorong seseorang untuk bangkit dan tak terpuruk terus-menerus. Dalam menjalani hidup, kita memang tak bisa lepas dari yang namanya masalah. Setiap orang pastinya memiliki masalah. Masalah yang satu telah diselesaikan, entah esok atau kapanpun masalah akan kembali datang. Kita merasakan kebahagiaan dan juga kesusahan yang datangnya terus bergantian. Kita mengalami kesusahan ketika masalah menghampiri kita. Agar kita mampu menghadapi dan meyelesaikan masalah dengan sikap tenang dan pikiran jernih, kita memang membutuhkan inspirasi dan motivasi. Motivasi dan inspirasi bisa kita dapatkan dari lingkungan di sekitar kita. Sebut saja motivasi dari sahabat, keluarga, dan bahkan kata-kata bijak yang mungkin tak sengaja kita lihat di media cetak yang kita baca, talk show, atau media sosial milik kita.

Diantara sekian sumber motivasi, hanya satu sumber motivasi yang paling efektif bagi diri kita agar mampu menghadapi apapun jenis masalah yang sedang dihadapi. Benar sekali, jawabanya adalah motivasi yang berasal dari diri kita sendiri. Sesering apapun kita mendapat motivasi dari sahabat, keluarga, dan pihak luar lainnya jika diri kita masih belum juga termotivasi, rasanya akan sia-sia saja. Nah, salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi dari dalam diri kita yaitu dengan kita mendapatkan motivasi itu sendiri. Mungkin saja secara tak sengaja kita membaca sebaris kata-kata bijak yang kaya akan makna dan unsur motivasi.  Sesuai dengan namanya, kata-kata bijak mengandung makna yang membuat setiap pembaca lebih bijak dalam menghadapi kehidupan meski banyak masalah di setiap jalan kehidupannya.

Siapapun sebenarnya bisa menghasilkan kata-kata bijak, hanya saja mungkin tingkat pemilihan diksi dan maknanya berbeda. Tak hanya mereka yang ahli di bidang seni dan sastra saja yang mahir menghasilkan kata-kata bijak penuh dengan makna yang dalam, tokoh politik, ahli matematika, ahli fisika, ahli kimia, dan praktisi bidang ekstrak lainnya juga tak kalah hebat dalam menghasilkan kata-kata bijak baru. Hanya saja pilihan diksinya umumnya diambil atau terinspirasi dari hal-hal yang berkaitan dengan bidang yang mereka kuasai. Tentu sangat menarik jika setiap orang dapat menciptakan kata-kata bijak yang berkualitas karena nantinya akan banyak kumpulan kata bijak yang bisa kita jadikan motivasi bagi kita ketika kita sedang terpuruk oleh karena suatu masalah.

Dengan adanya kata-kata bijak, tentu akan menambah semangat, inspirasi, dan motivasi pada diri kita dalam menjalani roda kehidupan. Tak hanya itu, dengan bekal akal dan pikiran yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, kita sendiri juga dapat menciptakan kata-kata bijak untuk memotivasi diri kita sendiri bahkan mungkin orang lain. Secara tidak langsung, kata-kata bijak yang telah Anda jadikan sumber motivasi bagi diri Anda telah membantu proses pendewasaan Anda, khususnya ketika Anda sedang bergelut dengan polemik kehidupan.

Manfaat lainnya dari adanya kata-kata bijak yaitu dapat membuat kita selalu bersemangat apapun pahitnya kehidupan yang sedang kita jalani. Hidup ini memang keras. Oleh karenanya kita memerlukan fondasi berupa semangat yang besar dan kuat untuk dapat mengatasi berbagai jenis hambatan dalam kehidupan. Mereka yang lemah prinsipnya, umumnya akan mudah goyah dan tak bersemangat dalam menjalani hidupnya. Terlebih lagi ketika masalah datang, mereka akan mudah sekali tumbang dan terus menerus terpuruk. Ada yang kemudian bangkit semangatnya setelah membaca kata-kata bijak pada akun media sosialnya atau setelah diberi motivasi berupa kata-kata bijak oleh orang-orang terdekat. Dalam menjalani kehidupan, kita harus mengutamakan sifat-sifat bijak yang mana sifat-sifat bijak ini akan menjadikan kita pribadi yang lebih bijak bila dibandingkan dengan pribadi kita sebelumnya.

Kata-kata bijak tak hanya mengandung unsur-unsur motivasi dan inspirasi saja, melainkan juga nasehat tentang banyak hal yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita. Konten kata-kata bijak juga mencakup segala bidang, sebut saja kata-kata bijak tentang pendidikan, kehidupan rumah tangga, percintaan, karir, kehidupan religi, bisnis, dan masih banyak lainnya. Kata-kata bijak juga sering disebut dengan nama lain, seperti kata-kata mutiara. Kata-kata bijak umumnya digunakan oleh motivator untuk disampaikan pada orang lain. Motivator juga berperan sebagai pengurai makna kata-kata bijak yang telah disampaikannya. Hal ini perlu dilakukan karena terkadang tak semua orang mampu memahami makna kata-kata bijak yang telah dibaca atau didengarkan. Kata-kata bijak yang disampaikan oleh seorang motivator umumnya akan jauh lebih ‘mengena’ di hati setiap individu yang mendengarnya. Mengapa? Karena seorang motivator dipercaya sebagai pemberi motivasi yang mampu membangkitkan kembali semangat di dalam diri seseorang. Padahal sebenarnya untuk membangkitkan semangat di dalam diri kita tak harus dan tak selalu memerlukan bantuan motivator. Diri kita sendirilah yang mampu melakukannya.

Banyak yang kini yang menulis status di Facebook, Path, Twitter, dan media sosial lainnya yang berisi kata-kata bijak yang pernah dilihat dari situs, buku, novel, atau media cetak.  Ada baiknya menunggah kata-kata bijak ke dalam media sosial kita karena akan banyak teman kita di media sosial yang membacanya. Bisa saja mereka kemudian termotivasi atau terinspirasi dari status yang kita unggah tersebut. Secara tidak langsung kita telah membantu orang lain untuk kembali semangat dan termotivasi dalam menjalani hidup.

Masih berkaitan dengan penggunaan kata-kata bijak, tren sekarang menunjukan bahwa kata-kata bijak yang sebagian besar diposting ke dalam media sosial atau situs-situs di internet tak hanya dalam bahasa Indonesia, melainkan juga dari bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Menariknya lagi, sebagian besar kata-kata bijak yang ada diambil dari petikan kata dari tokoh terkenal. Dari Tanah Air, misalnya, tokoh yang paling sering menjadi inspirasi dan sering mengeluarkan kata-kata bijak yaitu Presiden RI yang pertama, Ir. Soekarno. Beliau memang pintar sekali membius massa dengan kata-kata bijaknya. Sekali kata-kata bijaknya diserukan di depan ribuan massa yang ada di hadapnnya, sontak ribuan massa tersebut berkobar-kobar semangat dan nasionalisme-nya.

Sementara itu, masih banyak tokoh lainnya yang juga tak kalah aktif untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain melalui kata-kata bijak mereka. John Lennon, salah satu anggota band legendaris asal Inggris, misalnya, mungkin menjadi inspirasi bagi sejumlah orang, khususnya para penggemarnya, di mana para penggemar The Beatles sering menjadikan kata-kata bijak John sebagai sumber semangat. 

Beberapa kata bijak yang pernah diucapkan oleh John Lennon yang hingga sekarang masih sangat populer, antara lain:
Aku bukan orang hebat, tapi aku bersedia belajar dari mereka yang hebat.
Aku adalah orang biasa, tapi kelak aku akan menjadi orang yang luar biasa.
Dan aku bukan orang yang istimewa,  namun aku ingin menjadikan seseorang istimewa.

Adapun contoh kata-kata bijak lainnya yang mungkin dapat memotivasi dan menginspirasi Anda, antara lain:
Orang dikatakan kuat hatinya bukanlah orang yang tak pernah menangis, melainkan orang yang selalu tegar ketika sedang disakiti.
Hargai mereka yang membencimu karena mereka adalah penggemarmu yang rela menghabiskan waktu mereka untuk selalu mencari-cari kesalahanmu

Sukses bukanlah kunci kebahagiaan, melainkan kebahagiaanlah yang tak lain adalah kunci suksesmu
Jangan bandingkan dia yang mencintaimu dengan masa lalumu, hargai dia yang terus berusaha membahagiakanmu.

Wanita: Makhluk unik yang ingin kamu mengetahui perasaannya tapi ia enggan mengungkapkannya padamu.
Datangilah sahabatmu di saat ia sedang susah dan lenyaplah di kala ia sedang bahagia, karena sesungguhnya kamulah yang akan selalu diingat di saat kamu membantunya di kala susah.
Waktu seperti pedang, kamu akan beruntung apabila kamu menggunakannya dengan benar, sebaliknya, kamu akan celaka jika kamu tidak menggunakannya dengan benar.
Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuanmu. Saat kamu putus asa, ingatlah bahwa Tuhan akan membantumu untuk melewatinya. 
Share on Google Plus whatsapp
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment